Perumahan Subsidi

JARINGAN KOMPUTER MENDASAR


Jaringan Komputer?
Jaringan Komputer atau Network adalah kumpulan perangkat komputer yang saling terhubung melalui perantara media transmisi untuk dapat berbagi data dan sumber daya.
Komponen jaringan komputer.
  • End Device: PC, Laptop, Smartphone, dll.
  • Network Device: Hub, Switch, Router, Access Point, Multi Layer Switch (Switch L3), Access Point, dll.
  • Interconnection: Konektor (NIC, SFP); Media Transmisi (Copper, Fiber Optic, Wireless); dll.

Server adalah penyedia layanan dalam suatu jaringan, layanan ini bisa berupa file server, web, mail server, dsb.

Client adalah penerima atau pengguna dari layanan yang diberkan oleh server.

Catatan : Server dan Client adalah sebutan untuk mebedakan mana pemberi layanan dan mana penerima layanan. Baik server maupun client, dua-duanya bisa berupa end devices (PC, smartphone) ataupun server dalam bentuk network devices (router).

Komunikasi Digital

Komputer hakekatnya hanya bisa membaca bahasa mesin yaitu binary (angka binner). Bilangan binner merupakan bilangan berbasis 2, hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Ya, data digital itu berupa angka 0 dan 1. Adapun tampilan teks, gambar, warna yang kita lihat di komputer itu sudah dikonversi sedemikian rupa, sehingga bisa dibaca oleh manusia (pengguna).

 Satuan Data Digital

Satuan data digital adalah bit. 1 bit (b) terdiri dari satu angka (0 atau 1). 1 bit sama dengan 8 byte. Perlu diingat bit dan byte itu berbeda, bit disingkat dengan “b” sedangkan byte disingkat dengan huruf “B”. Selain itu, 1 bit sama dengan 8 byte.
Sedikit informasi, bahwa ada perdebatan tentang penulisan satuan data digital. Ada yang menyebut 1 Kilobit (Kb) = 1024 bit dengan argumen Kb adalah satuan data digital yang mana data digital menggunakan bilangan basis 2 atau kelipatan 2 (2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256, ...). Jadi yang kelipatan dua adalah 1024 bukan 1000.
Ada juga yang menyebut 1Kb = 1000 bit dengan alasan K adalah satuan internasional untuk ribuan bilangan desimal selayaknya Kg, KM, dsb.
Ada pendapat lain bahwa penulisan satuan data digital (binary) yang benar adalah menambahkan kata binary. Seperti ini contohnya, Kilo binary bit (Kib) = 1024 bit. Dan ini pendapat yang saya ikuti.
Untuk lebih detail tentang perbandingan satuan data digital, silakan simak list berikut.

1 Kibi bit (Kib) = 1024 bit

1 Mebi bit (Mib) = 1024 Kib
1 Gibi bit (Gib) = 1024 Mib
1 Byte (B) = 8 bit (b)
1 Kibi byte (KiB) = 1024 B
1 Mebi byte (MiB) = 1024 KiB = 1048576 B
1 Gibi byte (GiB) = 1024 MiB = 1073741824 B 1 Tebi byte (TiB) = 1024 GiB


Sistem Komunikasi Digital

  • Simplex : transmisi satu arah, artinya penerima tidak dapat memberikan balasan terkait informasi yang dia terima. Contohnya radio, televisi.
  • Half Duplex : transmisi dua arah tapi bergantian. Maksudnya penerima dapat mengirimkan balasan kepada pengirim tetapi setelah pengirim selesai mengirimkan data. Contohnya Handly Talkie (HT).
  • Full Duplex : transmisi dua arah interaktif. Maksudnya baik pengirim maupun penerima dapat saling komuniakasi bersamaan. Contohnya telepon.

0 Response to "JARINGAN KOMPUTER MENDASAR"

Posting Komentar